siapa yang tak mengenal truk legendaris di indonesia, yah siapa lagi kalo bukan besutan asal jepang dengan merk dagang Mitsubishi. mitsubishi merilis dengan nama Mitsubishi colt diesel.bisa dibilang Mitsubishi Colt Diesel merupakan salah satu dari trio
mobil komersial legendaris yang beredar di Indonesia, Mitsubishi Colt
diesel jugalah yang manjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di
Indonesia.Selama 40 tahun Mitsubishi Colt Diesel telah merajai segemen light
truck dan mendominasi sektor bisnis di Indonesia, Mitsubishi Colt
Diesel sangat dikenal, sangat laku dan sangat digemari karena
durabilitasnya, kekuatannya dan kemudahan perawatannya.
Colt Diesel T200 (1975)
Kehadiran Colt Diesel di Indonesia dimulai tahun 1975 ketika PT KTB memasukkan truk Colt Diesel T200 untuk menambah line up produknya. mengingat sebagian besar truk pada masa tersebut masih berbahan bakar bensin, maka truk Colt T200 pun menjadi primadona baru kerena lebih irit bbm.
Colt Diesel FE 101 (1979)
Kepala kuning generasi pertama ini diluncurkan oleh PT. KTB pada 1979 dengan 2 varian saja. FE101 dan FE111. Bertenaga maksimal 90PS yang berasal dari mesin 4D-30 l4 OHV yang berkapasitas 3298cc. Dan dipadukan dengan transmisi 5speed manual.
Kepala kuning generasi pertama ini sangat sukses di pasaran ketika itu. Hal ini dikarenakan oleh fitur-fitur yang dimilikinya. Seperti exhaust brake dan dimensi bak yang lebih besar. Selain itu, tenaganya terbilang sangat besar untuk ukuran truk 3/4 di masa itu.
Colt Diesel FE 114 (1984)
Pada tahun 1984 Mitsubishi mengeluarkan Colt Diesel 6 ban pertamanya dengan kode FE 114, Colt Diesel FE 114 dibekali dengan mesin diesel 4D31 yang bertenaga maksimal 100 ps @ 3500 rpm dan torsi maksimal 240 nm @ 2200 rpm.

Colt Diesel FE 114 New (1990)
Pada tahun 1990 KTB meluncurkan Mitsubishi Colt Deisel FE 119, tenaga mesin pun kemudian ditingkatkan menjadi 120PS, pada tahun yang sama Mitsubishi juga mengeluarkan Colt Diesel FE 449 120PS.

Memasuki tahun 1996, KTB meluncurkan FE447 dengan kabin lebih lebar, diikuti model FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349 pada tahun 1997.
Colt Diesel FE 334 face lift (2002)
Tahun 2002 KTB berinovasi dengan menyempurnakan model sebelumnya yaitu FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349. Penyempurnaan tersebut meliputi pengubahan transmisi dan perseneling stir menjadi perseneling lantai, serta perubahan design headlamp dari bulat menjadi kotak.

Colt Diesel Fuso Canter (2007)

2007 menjadi era baru bagi Mitsubishi Colt Diesel dengan tampilan yang berubah total sesuai regulasi Euro 2. Tak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya ikut berubah dengan menyematkan Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift. Sebuah inovasi merupakan inovasi pertama kendaran niaga yang merubah posisi tuas transmisi menyatu dengan dashboard, nama colt diesel pun mulai ditinggalkan diganti dengan nama baru ” Fuso Canter” , pada generasi Fuso Canter ini jugalah mesin diupgrade dengan Mesin Diesel 4D34-2AT7 Turbo Intercooler sehingga menjadi makin bertenaga. Pilihan model Mitsubishi Fuso canter juga sangat banyak sehingga memudahkan konsumen untuk memilih truk sesuai dengan kebutuhannya .
adapun kelebihan dari truk mitsubishi colt diesel antara lain :
Kehadiran Colt Diesel di Indonesia dimulai tahun 1975 ketika PT KTB memasukkan truk Colt Diesel T200 untuk menambah line up produknya. mengingat sebagian besar truk pada masa tersebut masih berbahan bakar bensin, maka truk Colt T200 pun menjadi primadona baru kerena lebih irit bbm.
Colt Diesel FE 101 (1979)
Kepala kuning generasi pertama ini diluncurkan oleh PT. KTB pada 1979 dengan 2 varian saja. FE101 dan FE111. Bertenaga maksimal 90PS yang berasal dari mesin 4D-30 l4 OHV yang berkapasitas 3298cc. Dan dipadukan dengan transmisi 5speed manual.
Kepala kuning generasi pertama ini sangat sukses di pasaran ketika itu. Hal ini dikarenakan oleh fitur-fitur yang dimilikinya. Seperti exhaust brake dan dimensi bak yang lebih besar. Selain itu, tenaganya terbilang sangat besar untuk ukuran truk 3/4 di masa itu.
Colt Diesel FE 114 (1984)
Pada tahun 1984 Mitsubishi mengeluarkan Colt Diesel 6 ban pertamanya dengan kode FE 114, Colt Diesel FE 114 dibekali dengan mesin diesel 4D31 yang bertenaga maksimal 100 ps @ 3500 rpm dan torsi maksimal 240 nm @ 2200 rpm.

Colt Diesel FE 114 New (1990)
Pada tahun 1990 KTB meluncurkan Mitsubishi Colt Deisel FE 119, tenaga mesin pun kemudian ditingkatkan menjadi 120PS, pada tahun yang sama Mitsubishi juga mengeluarkan Colt Diesel FE 449 120PS.

Memasuki tahun 1996, KTB meluncurkan FE447 dengan kabin lebih lebar, diikuti model FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349 pada tahun 1997.

Colt Diesel FE 447
Tahun 2002 KTB berinovasi dengan menyempurnakan model sebelumnya yaitu FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349. Penyempurnaan tersebut meliputi pengubahan transmisi dan perseneling stir menjadi perseneling lantai, serta perubahan design headlamp dari bulat menjadi kotak.

Colt Diesel Fuso Canter (2007)

2007 menjadi era baru bagi Mitsubishi Colt Diesel dengan tampilan yang berubah total sesuai regulasi Euro 2. Tak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya ikut berubah dengan menyematkan Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift. Sebuah inovasi merupakan inovasi pertama kendaran niaga yang merubah posisi tuas transmisi menyatu dengan dashboard, nama colt diesel pun mulai ditinggalkan diganti dengan nama baru ” Fuso Canter” , pada generasi Fuso Canter ini jugalah mesin diupgrade dengan Mesin Diesel 4D34-2AT7 Turbo Intercooler sehingga menjadi makin bertenaga. Pilihan model Mitsubishi Fuso canter juga sangat banyak sehingga memudahkan konsumen untuk memilih truk sesuai dengan kebutuhannya .
adapun kelebihan dari truk mitsubishi colt diesel antara lain :
- harga bersaing
- konsumsi BBM irit
- Tenaga kuat
- Chasis kuat
- spart part banyak tersedia
- biaya perawatan terjangkau
- sudah teruji di medan indonesia
- sudah menggunakan turbo intercooler
- interior cabin sederhana
- belum ada ac
- ban standar
- belum ada tipe 4x4 whell drive
- kalkson standar
No comments:
Post a Comment