BEHEL NEW HONDA PCX 150 2018 LOKAL
Sebenarnya nyaris tanpa cela, bahkan
kualitas material plastik dan catnya sudah level CBU atau singkatnya
gada beda dengan PCX 150 CBU Vietnam, mantap! Tapi menurut KBY ada
beberapa part yang sama dengan CBU tapi sayangnya justru menjadi
kelemahan alias kekurangan dari New Honda PCX 150 2018 lokal Indonesia
tersebut lads. Apa itu?

Bagian tersebut adalah buntut atau
tebeng alias behel, kenapa? Tak seperti skutik kebanyakan yang terbuat
dari besi, behel New Honda PCX 150 lokal terbuat dari plastik tebal plus
cat yang terlihat menyatu dengan bodi tengah. Sebenarnya sih terlihat
mewah ya, tapi kalau sering berboncengan dan si boncengan sering bawa
tas, bagian ini mudah banget lecet! Sayang kan? Ya serba salah sih
jadinya hehe.. Hal ini sudah KBY alami sendiri soalnya. Solusi? Kasih
stiker transparan aja.

FITUR SPEEDOMETER
Pada dasarnya fitur keseluruhan All New Honda PCX 150 2108 lokal terbaru sudah sangat lengkap (baca: Fitur All New PCX 150 2018),
tapi ketika beralih ke speedometer yang tampilan wah dan mewah itu eh
KBY sedikit kecewa, tadinya dipikir fiturnya bakal lebih lengkap seperti
NMax, taunya sama saja dengan PCX 150 CBU lads, yaitu ada MID,
tripmeter, odometer dan jam digital.. Udah itu aja, tripmeter cuma satu,
tidak ada trip B, tidak ada average real time, tak ada fuel meter real
time, tanpa jadwal ganti oli, minus jadwal ganti V-Belt.

Oia, satu fitur juga absen nih, perlu
sih sebenarnya, yaitu pass beam, seharusnya bisa dilengkapi sehingga
menjadi satu satunya di skutik 150cc buatan Jepang. Mau model tekan yang
menyatu dengan tuas lampu jauh atau model terpisah seperti di telunjuk
gak masalah, yang penting ada!

REM ABS 1 CHANNEL
Beralih ke piranti rem, kekurangan New Honda PCX 150 2108 lokal ini juga terlihat, memang sudah dual disc brake depan belakang, which is suatu improvement bagi
sang PCX lokal, tambahan ABS pula. Tapi sayang rem ABS nya cuma 1
channel! Yaitu di depan saja, tak seperti NMax yang sudah 2 channel
depan dan belakang. Meskipun memang cukup, tapi menurut KBY sih kurang
killer alias nanggung lads kalau mau habis habisan..

PERFORMA MESIN
Nah kalau ini bisa dibilang juga seperti
kucing dalam karung wkwkwk, jadi inget CBR250RR ya.. Mesinnya dikatakan
berbasis dari Vario 150, yang mana Vario 150 juga basisnya dari PCX 150
CBU lawas (di bawah 2014). Karena belum ketauan maka bisa diperkirakan
tenaganya tidak akan terlalu jauh dari PCX CBU Vietnam saat ini, yaitu
antara 13-14PS dengan torsi kurang lebih 13Nm. Jelas masih kalah dari
NMax yang 14,8PS dan torsi 14,4Nm.
Meskipun sebenarnya mesin eSP SOHC 2
katup sudah cukup dan memadai untuk harian bahkan turing, tapi
seharusnya sih tenaganya bisa di atas PCX 150 CBU Vietnam, agak sulit
sih karena kapasitas murni cuma 149cc tanpa adanya pengaturan katup
variabel semacam VTEC pula..

KANTUNG DEPAN
Model dan posisi sudah keren, aman dari
hujan karena ada jalur airnya, sayang kurang lega dan kurang dalam
kantung depan New Honda PCX 150 2018 ini, masih kalah sama PCX 150 CBU
nih.. Bukaanya juga gak smooth, tapi langsung jatuh, tak seperti punya
CBU.

Hmmm apalagi ya, kayaknya itu aja sih
kelemahan dan kekurangan New Honda PCX 150 2018 lokal, sisanya sih
juossss.. Nah ini masukkan buat AHM nih, mumpung kemarin masih prototype
dan belum masspro – eh sebenarnya udah sih dari kemaren kemaren juga,
tapi siapa tau bisa jadi tambahan ya gak lads?
No comments:
Post a Comment